Eksistensi HMI Cabang Ciputat dalam Mewujudkan Masyarakat Adil Makmur

29 03 2010

Oleh:              Nurdiansyah

Divisi Pengembangan Aggota Komisariat Fakultas kedokteran dan Ilmu Kesehatan HMI Cabang Ciputat

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan sebuah organisasi  yang telah berdiri sejak tanggal 5 Februari 1947 M. bertepatan dengan 14 Rabiul Awwal  1366 H. didirikan oleh Lafrane Pane. Tujuan awal HMI adalah untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mempertinggi derajat Negara Kesatuan Republik Indonesia. HMI sebagai organisasi kemahasiswaan yang ideal dan modern pada waktu awal berdirinya menjadikan inspirasi para mahasiswa saat itu untuk ikut berpartisipasi aktif/andil dalam mempertahankan bangsa dan Negara melalui perjuangan-perjuangan fisik maupun mental.

Dalam menciptakan masyarakat adil makmur saat tahun 1951-1965, HMI berjuang untuk melawan PKI secara fisik, menuntut kepada pemerintah untuk membubarkan PKI serta mengajukan saran secara formal dalam memajukan bangsa.

Eksistensi HMI saat itu menjadi sorotan besar bagi kalangan mahasiswa muslim di Indonesia sehing pada tahun 1966-1972 mulailah meningkatnya wacana pemikiran dalam pembaharuan Islam, saat inilah masa keemasan HMI. Prof. Dr. Nurcholis Madjid  (biasa disapa cak Nur) merupakann ikon pada asaat itu, beliau merupakan seorang pemikir Islam, cendikiawan, dan budayawan Indonesia.

Pada masa-masa orde baru HMI tidak lagi mengedepankan intelektualitasnya namun mengedepankan politik, sehingga pada saat itu keringnya pemikiran intelektual kader. Sampai akhirnya cak Nur kesal terhadap HMI sehingga mengeluarkan ucapan “Bubarkan HMI”.

Namun para kader HMI pun tidak tinggal diam saat itu, mereka kembali meningkatkan kesadaran mereka untuk menegakkan kembali perjuangan jalur kultural. Hal tersebut menginspirasi seluruh kader HMI di setiap cabang. Kendati pun HMI cabang Ciputat tidak luput untuk memperjuangkan nilai-nilai intelektualitas tersebut.

HMI cabang Ciputat sejak berdirinya pada tahun 1960 melahirkan beberapa kader yang telah sukses dalam perjuangannya antara lain: Prof. Dr. Nurchalis Madjid, Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, Prof. Dr. Azyumardi Azra, Prof. Dr. Abuddin Nata, Dr Bachtiar Effendy dan lainnya. Dari mereka meskipun keseluruhannya berasal dari IAIN yang nota bene adalah ilmu ke-Islaman tetapi mereka berkompeten dalam bidang filsafat, sosiologi, politik, dan kebudayaan bahkan ada juga di bidang manajemen.

Setelah IAIN Syarif Hidayatullah menjadi UIN Syarif Hidayatullah yang memiliki tujuan sangat mulia yaitu mengintegrasikan nilai-nilai ke-Ilmuwan, ke-Islaman dan ke-Indonesiaan saat itu juga perjuangan HMI cabang Ciputat untuk menciptakan kader yang berkembang dalam dunia ke-Islaman maupun umum ditingkatkan.

Sehingga pada tahun 2005 berdirilah sebuah organisasi profesi dibawah HMI cabang Ciputat yaitu LKMI (lembaga Kesehatan Mahsiswa Islam), saat ini anggota LKMI HMI cabang ciputat terdiri dari mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah, jurusan Farmasi UIN Syarif Hidayatullah, jurusan Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah, jurusan Keperawatan UIN Syarif Hidayatullah serta mahasiswa Akademi Refraksi Optisi. Peran LKMI tidak terlepas dari tujuan HMI itu sendiri yaitu terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT.

Usaha-usaha HMI cabang Ciputat melaui kader-kader LKMI yaitu melaksanakan pengkajian baik itu kajian berkaitan tentang ke-Islaman maupun kesehatan. Pengabdian masyarakat yaitu dalam bentuk kegiatan sosialisasi kesehatan dan lain sebagainya.

Usaha-usaha yang pernah dilaksanakan LKMI HMI cabang Ciputat adalah Sunat (sirkumsisi) Massal yang dilaksanakan diberbagai daerah yaitu Ciputat dan di Serang. Pengobatan Gratis yang sudah dilakukan diberbagai tempat, Penyuluhan Filariasis di kalangan mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan warga Kecamatan Tirtayasa Serang-Banten. Penyuluhan pencegahan HIV-AIDS dikalangan mahasisswa Serang-Banten. Dan kegiatan sosial tanggap bencana Situ Gintung maupun saat gempa di Padang.

Perkembangan-perkembangan yang terus dilakukan LKMI saat ini adalah untuk menciptakan insan akademis adalah merencanakan untuk membuat penelitian berkaitan dalam aspek kesehatan berkaitan dengan ke-Islaman. Hal ini tidak terlepas dari partisipasi kader-kader HMI cabang Ciputat serta masyarakat Indonesia.

Yakin Usaha Sampai


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: