‘Enakan’ Jaman Pemerintahan Soeharto daripada SBY

29 01 2012

Jam 08.00 pagi, hari yang cerah untuk silaturahmi ke salah seorang guru besar waktu nyantri di Pondok Pesantren Attaqwa. Saat itu, hari raya Idul Fitri H+5, pada hari tersebut setiap angkatan baru mulai berbondong bersilaturahmi guru-guru.

Saya mengelilingi komplek pondok Putramaupun Putri terlebih dahulu, karena guru besar pondok saya mayoritas adalah anak maupun cucu dari pendiri pondok yaitu KH. Noer Alie sehingga kebanyakan dari mereka tinggal di lingkungan pondok.

Tiba saya, di salah seorang guru besar, beliau adalah seorang guru yang ahli dalam ilmu ushul fiqh dan ilmu faraidh (ilmu waris). Meskipun beliau hanya sempat mengajar 2 bulan dan itupun hanya 3-4 kali pertemuan, namun beliau adalah guru yang sangat baik buat saya.

Beliau sudah berpuluh-puluh tahun mengajar di Pondok saya, sejak awal perintisan pondok tercinta. Nuansa Idul Fitri saat itu ramai sekali, di iringi canda tawa teman-teman alumni putra dan putri. Sudah tanpa segan lagi, teman-teman membawa sendiri makanan-makanan yang disediakan oleh guru kami, bahkan teman-teman sendiri yang membawa dan membagikan minuman kepada teman-teman lain.

Setiap saya kunjungan bersama teman-teman, biasanya guru-guru senior yang biasa kita sebut kyai,menceritakan pengalaman-pengalaman beliau mengajar berpuluh-puluh tahun. Beliau umurnya sudah lanjut, dan sudah sering sakit-sakitan. Namun beliau tetap semangat bercerita, “kata orang-orang bilang enakan pak SBY, tapi buat saya sih tetap aja jaman pak suharto”, cerita beliau sambil duduk didepan teman-teman. “lah, emang napa guru, enakan pak Suharto?, sembako murah guru, apah bensin murah guru?.” salah satu teman saya balik bertanya dengan logat Betawinya. “Jaman pak SBY saya gak bisangapa-ngapain, cuma bisa duduk begini aja, dan udah ‘gak jelas ngomongnya, makan juga serba dilarang”. Candanya dengan penuh semangat kepada teman-teman meskipun beliau pelo (tidak jelas bicara) karena pasca stroke. Beliaupun mengakhiri dengan doa untuk keberkahan para alumni dalam meniti karir dimanapun.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

